Xceria Blogger Indonesia

Cara Membuat Related Posts (Artikel Terkait) di Blogger

Buat Artikel Terkait Blogger
Tutorial blog kali ini akan membahas mengenai cara membuat related post di blogger. Artikel atau posting terkait yang dimaksud di sini adalah artikel yang berada pada kategori atau label yang sama.

Related post ini tentu akan memudahkan pengunjung dalam menemukan artikel-artikel yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca. Selain itu, related post juga akan berpengaruh terhadap SEO.

Nah, bagi yang ingin membuat related post di blogspot ikuti tutorial berikut ini.
  1. Log ini ke akun blogger Anda.
  2. Pilih menu Tata Letak (Layout) » Edit HTML.
  3. Beri tanda centang pada tulisan Expand Widget Templates.
  4. Copy-paste script berikut di atas kode </head>.

    <script type="text/javascript">
    //<![CDATA[
    var relatedTitles = new Array();
    var relatedTitlesNum = 0;
    var relatedUrls = new Array();
    function related_results_labels(json) {
    for (var i = 0; i < json.feed.entry.length; i++) {
    var entry = json.feed.entry[i];
    relatedTitles[relatedTitlesNum] = entry.title.$t;
    for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) {
    if (entry.link[k].rel == 'alternate') {
    relatedUrls[relatedTitlesNum] = entry.link[k].href;
    relatedTitlesNum++;
    break;}}}}
    function removeRelatedDuplicates() {
    var tmp = new Array(0);
    var tmp2 = new Array(0);
    for(var i = 0; i < relatedUrls.length; i++) {
    if(!contains(tmp, relatedUrls[i])) {
    tmp.length += 1;
    tmp[tmp.length - 1] = relatedUrls[i];
    tmp2.length += 1;
    tmp2[tmp2.length - 1] = relatedTitles[i];}}
    relatedTitles = tmp2;
    relatedUrls = tmp;}
    function contains(a, e) {
    for(var j = 0; j < a.length; j++) if (a[j]==e) return true;
    return false;}
    function printRelatedLabels() {
    var r = Math.floor((relatedTitles.length - 1) * Math.random());
    var i = 0;
    document.write('<ul>');
    while (i < relatedTitles.length && i < 20) {
    document.write('<li><a href="' + relatedUrls[r] + '">' +
    relatedTitles[r] + '</a></li>');
    if (r < relatedTitles.length - 1) {
    r++;
    } else {
    r = 0;}
    i++;}
    document.write('</ul>');}
    //]]>
    </script>

  5. Cari kode <div class='post-footer'>, kemudian copy-paste kode berikut di bawahnya.

    <b:if cond='data:post.labels'>
    <b:loop values='data:post.labels' var='label'>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <script expr:src='"/feeds/posts/default/-/" + data:label.name + "?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=5"' type='text/javascript'/>
    </b:if>
    </b:loop>
    </b:if>

    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <h4>Artikel Terkait</h4>
    <script type="text/javascript">
    removeRelatedDuplicates();
    printRelatedLabels();
    </script>
    </b:if>

  6. Simpan template.

Silahkan dicoba tutorial membuat related post ini. Semoga berhasil!

107 comments

wah bagus nih infonya

balas

pertamax.... mantab sob, blog q juga dah tak pasang

balas

amankan pertamaxx dulu...
wah mas keren contohnya seperti yg di atas kotak komentar ini ya

balas

makasih sob infonya...
semoga bermanfaat bagi newbie

balas

maksih infonya...nice post friend..keep posting yaa

balas

makasih ya tutorialnya,,

balas

terima kasih sobat atas tutorialnya

balas

Keren infonya sob...

O y sob,
Klo blog kta mnggnakan auto readmore, gmana sob...

Ad kmngknan saat kita mmsang related post malah jga terpampang di home sob...

Mohon pnjelsannya sob...

balas

tutorialnya siip dach

balas

sipp deh bisa dipraktekkan di blogku

balas

@Gudang Blog >> nggak, itu related post yang biasa aja...
@Mufied >> biar gak tampil di home pakai aja kode ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
kode relate post....
</b:if>

balas

trims infonya.. memang memasang related post membuat pengunjung betah di blog kita.. seperti saya betah diblog ini...

balas

Artikelnya sangat bermanfaat bos. Terimakasih

balas

Artikelnya sangat bermanfaat. Artikel ini yang sudah lama saya cari. Terima kasih.

balas

Terima kasih infonya, akhirnya kode artikel terkait dapat saya gunakan, setelah bolak-balik di google, banyak yang gak cocok.

balas

OK bos makasih tutorialnya.... salam kenal

balas

Tutorial sangat membantu untuk saya yg lg belajar ngeblog. Boleh tanyakan sedikit, saya udah buat tips artikel terkait diblog gmn agar ada spasi/line antara kategori dengn tulisan Artikel terkaitnya

balas

kenapa tampil diatas postingan ya..
mhon bantuannya segera!

balas

@iDinks >> coba ditambah kode <br/> atau <p>...</p>

@rasiq changean >> coba copy kode warna merahnya di bawah kode <data:post.body/>

balas

Gak ngerti blog saya pakai templuk liat tamplate klasik untuk liat blog saya bisa di lihat di http://harrizbook.blogspot.om

balas

Makasih sobat..salam kenal..scriptnya cocok dipasang di template blog saya..langsung tampil.., sukses terus.

balas

sob aku nyobie bangeut ko kode2 kunci diatas ga ada yah... aku pake artisteer, minta tolong dong?
email :disunach@gmail.com

balas

@Anonim >> kalo artisteer saya gak pernah pakai, mungkin kodenya memang beda. Jadi bagusnya pakai template blogger yang lain aja. Template blogger juga bisa dilihat di posting Download 50+ Template Blogger Gratis

balas

mas tolongin dong saya, koq hasilnya ng mau ya? aduh gimna nie? padalh sudah 2x saya coba...
mkasi ya mas...
www.ianfile.co.cc

balas

Lah,berantakan di blog saya.Entah gara-gara template atau apa gitu.

balas

@Ian File >> mungkin ada yg salah atau memang gak cocok dengan templatenya...
@DAPAT DUIT... >> itu memang gak ada artikel terkaitnya, coba labelnya dibikin sama, gak beda semuanya...

balas

Ty alias matursuwun!!! seep dah sdah terpasang di blogq!!

balas

keren pak bos....ijin nyoba trik na....

balas

Thanks mas infonya, bisa dicoba ne...

balas

makasih atas infonya..
abis ni gw coba..

balas

matur nuon...mas ...tak coba yo...

balas

Sudah dicoba dan berhasil....!!!

Setelah sekian lama mencoba berbagai cara dan tidak berhasil, akhirnya aku menemukan nya di sini.

Tengkyu sob....!

balas

Mas, mau nanya nih, kok artikelnya ada duplikatnya yah???

balas

makasih infonya bos...mampir balik ya....

balas

kang punya saya berhasil, tapi kok artikel terkaitnya nggak ada yang muncul? jadi cuma ada tulisan artikel terkait tapi nggak ada artikelnya?? etekno.blogspot.com

balas

tengkyu bos, dah tak pasang.
mantap.......

balas

trims infonya bos, tapi mau nanya, kalo yang artikel yang di home kok nggak keluar artikel terkait, mohon pencerahannya, tolong detail ya bos, maklum masih nubi

balas

nice tips.......salam knl kawan.:))

jgn lupa mampir balik ya...

balas

Makasih nih infonya.. bermanfaat...

balas

Mangstaff bgt ya tutornya, gampang diikuti, saya sekali nyoba alhamdulillah lngsung bisa. Thx ya

balas

hasilnya seperti pny bos bukan???
ada contoh yg sudah pasang???? pngen lihat dulu sblom mencoba..

balas

@::ryra ceLL:: >> ya, ini hanya related post dengan tampilan biasa seperti yang ada di blog ini...

balas

makasi broder... dah bisa.... ^__^

balas

info yang menarik, penempatan related postnya dibagian sidebar gimana caranya?

balas

Berhasil bro, tapi gimana cara mengatur jarak antara posting dengan related artikel, kok terlalu dekat ya???

balas

makasih sob,..
nyari tutorial di googel

kata kunci artikel terkait langsung nyasar kesini,.. thank's

balas

Wah keren jg nich. Langsung coba kawan biar nambah menarik blogku Tq tutorialnya

balas

wah..thx yh infonya...good job...

balas

Makasih Mas tutornya
tp ini kalo 1 artikel di post dua label Related post nya ada yang sama mas.
Trus gimana caranya supaya tidak sama 1 post banyak label

balas

kodenya panjang bgt ya, jd lola gak??
yawis, ijin nyoba dah, daripada penasaran..

balas

kayanya gw gagal dah, hanya tulisan artikel terkaitnya aja..
tulisan/artikel yg terkait dibawahnya seperti yg kita mau,itu gak ada.. mohon pencerahannya dong..

balas

makasi.. ni yg gw cari............

balas

syukur saya nemuin lagi cara ini,dulu sudah pake tapi karna blog saya berat saya ganti template dan lupa backup jadi mulai lagi.

balas

thanks tipsnya dah ane coba 'n manteb banget hasilnya...

balas

mas makasih atas artikelnya... main juga ke
http://doelhaq99.blogspot.com/

balas

makasih informasinya

balas

thank infonya gan

balas

Makasi tips,,, sangat membantu....

balas

Trimaksih gan, informasinya bermanfaat

balas

Terima kasih Tipsnya Gan.. Berhasil juga.. Mantap..

balas

mas knapa di blog sy gak muncul y?? apa karna sy pake template unduhan y,, mohon bantuannya y mas.. ni blog sy http://blogndine.co.cc

balas

Salam kenal Sobat.....ditunggu kunjungan baliknya ya okey

balas

Mantap Mas, udah ane coba dan berhasil. Thanks mas.

balas

Makasih sob artikelnya dah aku praktekin dan barhasil.. sukses slalu..

balas

kok g bisa bro tak pasang di blo aq

balas

Makasih Mas Infonya sungguh sangat membantu. blogwalking aku ya

balas

mas, aku pakai linkwithin, udah tak coba tambahin kode di komentar mas nomor 13 biar ndak muncul di home

tapi kok tetep muncul di home ya, butuh banget nih, thanks

balas

@Akhmad Zulkarnain >> coba ikuti langkah2 ini.

- buka 'Edit HTML'
- cari 'LinkWithin'
- keluarkan code <b:widget id='HTML3' locked='false' title='LinkWithin' type='HTML'/> (dari <b:section.... </b:section>)
-----------------------------------
'HTML3' tergantung di template anda
-----------------------------------

ubah jadi seperti ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>

<b:section id='LinkWithin' showaddelement='no'>
<b:widget id='HTML3' locked='false' title='LinkWithin' type='HTML'/>
</b:section>

</b:if>

semoga berhasil!

balas

makasih bos..... sudah jadi
http://wasimun.blogspot.com

balas

Thanks IlMu nya, Akhirnya Dapet juga Yg sesuai...
Main Ya k Blog Saya

balas

oyy....gga bisa dikurangin apa posting yg di tampilkan..
gua mau cuma 5 aja..

balas

Ane baru coba...mudah-mudahan sukses...
thank's yach...

balas

Kalau, related post seperti blog ini, bagaimana?

balas

manstap artikelnya...
lansung ke TKP...

balas

Thanks bro!!
sudah lama ane cari yang kayak gini, sederhana banget...

keep posting bro :)

balas

Makasih banyak,,, om,, aku coba dulu neh,

keren, keyword 'Artikel terkait',, blognya ini di posisi pertama search engine...

balas

matap gancoba dulu

balas

Nice info makasih gan jadi g perlu report2 yah posting lama atau posting baru dan beranda? hiks ane nyubi gaaaan... makaciiih

balas

bekerja di blog saya gan thanks banget nih ilmunya gan

balas

Trmakasih bro, tipsnya dah aku praktekan
www.arvineva.blgspot.com

balas

cara nempatin di sidebar gimana bro??

balas

sangat bermanfaat,
blog saya jadi makin rapi

balas

aduh koq ga mau boss

www.ajuztsuta.blogspot.com

balas

Makasi banyak....
:)

balas

makasih tipsnya.....
dah saya aplikasikan di blog saya....
i'm newbie

balas

Makasih Bossss hahah....
Muantap... Udah saya pasang tuh diblog saya...

mohon kunjungan baliknya yea bosss....
ke www.redonewest.co.cc

balas

manteb nih mas,, tapi tak cobain kok ga muncul ya ?

balas

sip...sudah saya coba dan berhasil.

balas

terimakasih tutorialnya, saya lagi kepingin buat artikel terkait juga di blog saya :)

balas

Thanks sob.., skg mo d coba dulu. Klo ada masalah boleh khan tany2...

balas

terima kasih gan buat tutorialnya

balas

wew mantab, ane pake juga ah, thx u sob

balas

mas,ok banget postnya.....BTW.,blognya saya follow,follow balik ya..

balas

okee mantab gan,
udah langsung sukses

balas

Thnkz Gan infonya... ini yang ku cari2...

balas

thnkz sob bwt infonya... :)

balas

kok ga muncul ya mas, udah capek aku cari kemana-mana, please help me!

http://blognya-fitridefi.blogspot.com

balas

makasih gan, ane dah coba trik ini. makasih

balas

pembahasan tentang artikel terkait yang sangat menarik Sob

oh ya, barangkali sobat tertarik dengan pembuatan artikel terkait untuk template seluler blogspot?

silakan lihat pembahasannya di salah satu blog saya

balas

Artikelnya bermanfaat, thanks atas informasinya Gan, salam sukses.

balas
:) :( ;) :D =D :w :c :d -) -| :v =( ^: :o :C :-

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel. Dilarang berkomentar spam dan menulis iklan!

« »
 
Back to top