Xceria Blogger Indonesia

Cara Buat Halaman di Blogspot

Seperti yang dijelaskan di posting sebelumnya, blogger telah menyediakan static pages. Static page inilah yang akan anda gunakan untuk membuat halaman di blogspot seperti yang ada pada wordpress.

Tetapi fitur static page ini tidak sebagus halaman yang ada pada wordpress. Seperti yang kita ketahui, wordpress menggunakan script PHP, sedangkan blogger tidak. Dengan menggunakan script PHP, website yang dihasilkan tentu lebih variatif dan fleksible.

Kekurangan static page pada blogger, salah satunya terletak pada url yang dihasilkan.

Contoh url halaman pada wordpress:
http://www.m-y-s-i-t-e.com/contact/

Contoh url halaman pada blogger:
http://www.m-y-s-i-t-e.com/p/contact.html

Dari contoh di atas dapat dilihat perbedaan antara halaman di wordpress dengan halaman di blogger. Tapi walaupun begitu, perbedaan ini tidak menjadi masalah. Blogger sendiri telah menciptakan beberapa fitur baru yang semakin lengkap.

Kita berharap blogger bisa terus berkembang dan tidak kalah saing dengan wordpress. Kita tunggu saja fitur baru blogger selanjutnya.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba membuat halaman di blogger, lihat tutorial di bawah ini. Caranya hampir sama dengan cara membuat postingan.
  1. Log in ke akun anda.
  2. Pilih menu Posting » Edit Pages.
    Edit Pages
  3. Klik tombol new page.
    New Page
  4. Isi judul dan konten halaman seperti biasa.
  5. Setelah itu klik tombol publish page.
    Publish Page
  6. Selanjutnya akan tampil pilihan gadget untuk link halaman. Pilih sesuai keinginan anda.
Jika tadi anda memilih untuk menampilkan gadget page list, kemudian ingin menghapusnya kembali, cukup hapus melalui menu Design (Tata Letak) » Page Elements. Caranya cari gadget laman, klik edit, kemudian klik tombol remove (hapus).

Itulah cara membuat halaman di blogpot. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat!

50 comments

Thanks, mas infonya, ane baru tahu, langsung dicoba.

balas

trims atas tutorialnya mas
salam kenal

balas

oke banget mas tips nya

balas

wah sayang harga e-booknya agak mahal ya.. kebiasaan pake yang gratisan nih soalnya… jadi maluuu..

balas

i love it, dari dulu saya nunggu-nunggu improve blogger kayak gini. senengnya, sekarang blogspot tambah keren :)

balas

bisa d coba nich bos.
makasih ia.

please kunjung balik ia ke blog saya.

balas

Thanks atas tipsnya sob.. ini berguna sekali..

balas

Blognya df ya.. kalau mau gabung silahkan ke sini sob..

balas

Very good information, thank you very much by the article and the quality of your Web site. A greeting from Chile.

balas

Tapi tetep gak bisa posting kek halaman awal yah mas..??

Misal di blog aku mau bikin halaman lain yang isi nya artikel, jadi beda halaman sama jualan ku piye cara nya mas..??

balas

@belanjo.blogspot.com >> maksudnya beda apanya? kalau halaman statis dg halaman artikel biasa perbedaan jelasnya, di komentar dan url saja...

balas

Tararengkyu atas info nya,,
salam kenal semuanya....

balas

@belanjo.blogspot.com >> maksudnya beda apanya? kalau halaman statis dg halaman artikel biasa perbedaan jelasnya, di komentar dan url saja...

misalnya saya bikin halaman ARTIKEL di belanjo.blogspot.com, kan cuma bisa posting 1 artikel? ga bisa seperti halaman depan yang bisa bikin posting baru...

balas

@belanjo.blogspot.com >> kalo yg itu kayaknya gak bisa di blogspot, di wordpress (self-hosted) mungkin bisa...

balas

bermanfaat, terimaksih, smg sukses selalu

balas

follow blog q donk...sepi nih....

balas

makasih banget atas infonya broo,bermanfaat nih buat tugas saya
thx

balas

Mas, gimana caranya membuat posting di halaman statis?

balas

Saya sudah coba untuk membuat halaman about, tetapi setelah saya isi title sama isinya yang muncul setelah di publish hanya titlenya saja?
itu kenapa ya mas?

balas

thank's yach......
GBU

balas

mas, g'mna cara membuat menu kya di atas tu...
yg ada home, exchange, trus kalo mau di klik ada pilihannya lagi..
tlong kasih tau cara nya ya...
nie email qu...
fahmie.eryzawa@gmail.com

balas

Makasih tipsna mas,,

balas

thanks ya tipsnya,dr kmrn2 aq cari gk ada,dan skrg sdh tmukan dsni,,

balas

wah iya saya baru tahu,,, mklum gaptek

balas

It is so good and informative! Thanks for your good sharing!

balas

MAKASIH BANYAK, SANGAT MEMBANTU

balas

info menarik... trimakasih.

balas

d bantu dunk mas kok blog aq beda tampilanx...??

balas

pertanyaan saya adalah, gimana kita memasukan post baru ke halaman baru tersebut ?? kok dari tadi saya utek-utek, cuman bisa satu post pertama.

tolong bantu saya dong...!

S4NJ1.04@Gmail.com

balas

thanks artikelnya...sangat bermanfaat

balas

sambil promosi nih!!
tips and trik sulap gratis
www.master0fmagic.blogspot.com

balas

kok d blog aq bedax ya isisx...
di posting aq cuman ada etri baru/edit etri ma edit laman..
ngak ada new page atau publisg pagex ..di bantu ya senior.

balas

sangat sangat membantu :)
thanks a lot,,

balas

kok sya mencoba di postingan tdk ada layout edirpages ya?

balas

tolong all pleen bantu aku

balas

@amelia rizki >> Menu yang dibuka: Posting » Edit Pages.
kalo menu 'Layout' hanya diganti nama, sekarang menjadi 'Design'

balas

mas...
saya maw tanya...
kalo kita buat halaman software...
trus kita buat postingan temanya software...
gimana caranya agar postingan kita bisa masuk ke halaman software tersebut?
kalo bisa yang otomatis..

balas

mas jikalau berkenan ajari aku untuk buat halaman bersap kayak yang pean puanya. karena aku coba berkali kali selalu gagal. oleh sebab itu aku pingin tahu dan bisa trim maaf ya kalu mengganggu

balas

terimakasih gan ini tutorial yang sudah lama sekali saya cari

balas

Template nya bagus. Pake wp apa blogspot gan? Kalo blogspot, mau dong template nya. Hehehe

balas

usefull. salam kenal.
www.delavega.blogspot.com, semoga mempermudah hidup anda.

balas

thankz infonya...

balas

Thanks Gan ane lagi buat page untuk blog baru hehe masih newbie nih...

balas

keren infonya. tamabhin lagi dongg..,. :) hehe

balas

mas tolong kasi taw gimana bikin tab page setiap postingan, sebab satu halaman penuh
tolong mas buka blog saya

balas

kk edit pages nya ada dimna

balas

thanx gan atas infonya.....kalian juga bisa kunjungi situs http://ict.unsri.ac.id/ atau http://elastralsyah.blogspot.com/

balas

makasih info nya sob.
lanjutkan..

balas
:) :( ;) :D =D :w :c :d -) -| :v =( ^: :o :C :-

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel. Dilarang berkomentar spam dan menulis iklan!

« »
 
Back to top