Xceria Blogger Indonesia

Cara Memposting Kode HTML di Blog

Posting Kode HTML
Cara memposting kode HTML di blog. Jika anda ingin menulis kode HTML atau script lainnya di postingan anda, anda harus memparsenya terlebih dahulu. Banyak mungkin yang sudah mengetahui tentang ini dan memang banyak blog yang menulis beberapa script di postingnya.

Bagaimana anda bisa mengatasi masalah penulisan kode HTML ini? Sebenarnya tidak rumit untuk melakukannya. Di bawah ini ada 3 kode yang sering digunakan dalam penulisan kode HTML.

< » ganti dengan &lt;
> » ganti dengan &gt;
& » ganti dengan &amp;

Tapi jika script yang ingin ditulis dalam jumlah besar tentu akan repot untuk mengganti satu persatu kode tersebut. Untuk mengatasi ini, ada tool online yang bisa anda gunakan untuk memparse kode HTML ke dalam bentuk teks.

Untuk melakukannya kunjungi link berikut.
http://centricle.com/tools/html-entities/
  1. Copy-paste kode HTML yang ingin anda parse ke dalam kotak yang disediakan.
  2. Tekan tombol encode.
  3. Terakhir, copy kode HTML yang sudah diparse ke dalam postingan anda.
Dengan tool ini dalam seketika kode HTML atau script yang anda masukkan akan segera berubah dan siap dimasukkan ke dalam postingan anda.

Ada satu lagi yang mau saya tulis berhubungan dengan penulisan kode HTML di website, yaitu seputar background yang digunakan. Kebanyakan para blogger memberi background yang berbeda pada script yang ditulisnya. Ini tentu akan memudahkan pengunjung dalam membaca tulisan atau tutorial yang telah dibuat.

Langsung saja ikuti tutorial di bawah ini untuk menerapkannya di blog anda.

CSS
  1. Sign in ke blogger.
  2. Pilih menu Layout (Tata Letak) » Edit HTML.
  3. Cari kode ]]></b:skin>.
  4. Copy kode berikut ke atas kode tadi.

    .code {background: #f1f1f1; border: 1px solid #cccccc; border-left: 5px solid #cccccc; padding: 15px;}

  5. Simpan template.
HTML

Pada posting gunakan format seperti di bawah ini untuk menerapkan kode css di atas.

<div class="code">
ketik scriptnya di sini
</div>

Cukup sampai di sini dulu posting kali ini mengenai cara memposting kode HTML di blogspot, semoga bermanfaat.

Selamat mencoba!

50 comments

Lha ini nich yang aku tunggu2 maz. wah akhirnya...................
ratusan ucpn terima ksh gk akan cukup untuk meluapkan ucpn trm ksihku pd Pean. Thank's ya

balas

wawawawa...tutorial ini dah alam aku cari, cuman mau nanya malu..keliatan begonya aku hehehehehe..
thx so much...

balas

Makasih mas infonya berguna sekali buat saya yang ingin membuat panduan blog.

balas

Terima kasih banyak untuk informasi. Apakah Anda merekomendasikan plugin yang saya dapat menggunakan di blog wordpress? dan juga tolong beritahu saya di mana dan bagaimana cara menambahkan kode iklan google di Blogger.

balas

@Michelle >> plugin apa maksudnya, kalo google adsense aku juga gak pernah pakai

balas

wah, mantab bro tutorialnya..

soalnya saya kemaren kebingungan gimana cara nulis HTML di postiingan..

dari dulu saya pakenya picture biasa.. jadi ga isa dicopas..
thx deh infonya

balas

Manttaaabbbbb,.ini yang aku cari, soalnya aku mau posting artiekl yg di dalamnya ada kode html,..di posting nda kelihatan hasilnya....kunjungi blog aku ya
www.pojokbisnis82.blogspot.com

balas

oke tapi bagaimana jika saya perlu menampilkan kode dan menjelaskan coding di blog dan perlu untuk menunjukkan dan tag lain sebagai contoh?

Terima kasih..

balas

Thanks for sharing, really like your view. Waiting for some more great articles like this from you in the coming days.

balas

Makasih sob ilmunya,,,,,,

balas

Nah... ini yang saya cari-cari
makasih ya mazz

balas

keren mas...
berkunjung ke blog sekeren ini bisa membuat aku ikutan keren, aku numpang keren ya mas

balas

ada teknik CSS -nya, inyong serap dulu.

balas

thank sharingnya Bos..salam kenal..kunjung balik ya

balas

... Thx U infonya... karena saya juga sering dapat warning ketika menulis HTML di blog...

balas

Thank you very much for this article

balas

Wow...ini yg saya cari untuk men custom postingan saya dengan bantuan html code..selama ini muter2x nyari baru ketemu di sini...thanks ya

balas

thx infonya saya jadi ngerti Cara memposting kode HTML di blog...sekali lagi terima kasih

balas

Lupus say thank"s krn udah mau berbagi sama kita-kita

balas

makasih atas shering nya
salam kenal

balas

Hi. I treasured to drop you a quick note to express my thanks. I've been watching your blog for a month or so and have plucked up a heap of good information as well as enjoyed the way you've structured your site. I am attempting to run my own blog however I think its too general and I would like to focus more on smaller topics.

balas

oh gitu. coba ahhhhh... thanks infonya

balas

nice post, thanks for it.

balas

Nice post!Waiting for some more great articles like this from you in the coming days.

balas

terimaksih buat sharingnya gan?sangat bermanfaat sekali.

balas

I am satisfied that I got to know information like this as I have never gone through with such stuff. So thanks for sharing.

balas

It is so good and informative! Thanks for your good sharing!

balas

I like your post! It is so good and creative!

balas

thanks ya tipsnya bermanfaat banget...ijin copas di blog yah biar ga lupa...tentunya dg menuliskan sumbernya...tks again :)

balas

i like this posting a lot info and tips keep up you hard work...thks for sharing...

balas

mantap Gan.....thank banyak ya..

balas

cara manual pasang kode adsensenya gimana ya bos?? ane uda parse kode dan taruh di posting tapi gak bisa.. soalnya mau tampilkan di post tertentu saja bos... thx..

balas

Wow! Really great tips tips to code in blog. Am going to utilize it and going to modify my blog. Thanks for sharing the post.

balas

Makasih ya atas infonya
http:/www.kosmopolitanindonesia.blogspot.com

balas

kalau ni c aku dah tau kang tp baru aku posting blum lama ni abis filenya ngilang hehehehe tp kemarin2 nongol.....

mampir ya http://arifebri.blogspot.com/

balas

thanks gan!! berguna banget!! hampirsaja saya gagal posting gara-gara gak tau... makasih ya...

salam kenal :D

balas

ini dia..posting makin cantik..

balas

muatapppppp................

balas

nanti saya coba di blog saya dach , .

balas

makasih buat infonya bang ,,
sangat bermanfaat sekali ,,

balas

Thanks bos...

Kode css ini d blog saya gak jalan ya bos..

Cari kode ]]>.
Copy kode berikut di atas kode tadi.

.code {background: #f1f1f1; border: 1px solid #cccccc; border-left: 5px solid #cccccc; padding: 15px;}

balas

maksih makasih makasih..........

balas

gua masih blom ngerti tentang ini... emnk ii fungsinya apa ??

balas
:) :( ;) :D =D :w :c :d -) -| :v =( ^: :o :C :-

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel. Dilarang berkomentar spam dan menulis iklan!

« »
 
Back to top