Xceria Blogger Indonesia

Cara Membuat Blog Baru Gratis di Blogger Lengkap

Buat Blog di Blogger
Apakah Anda ingin memiliki blog pribadi yang dikelola sendiri? Lalu bagaimana cara membuat blog secara gratis?

Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap cara bikin blog terbaru di blogger.com. Sebelum membuat blog sebaiknya ketahui dulu apa itu pengertian blog, sejarahnya, dan manfaat membuat blog.

Membuat blog di blogspot sangatlah mudah. Anda hanya butuh beberapa langkah untuk dapat membuatnya dengan gratis. Setelah itu Anda dapat menggunakan blog tersebut untuk berbagai hal.

Saat ini banyak platform blog yang ada di internet. Di antara sekian banyak, yang paling populer adalah blogspot/blogger dan wordpress.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi pemula sebaiknya gunakan platform blogger karena cara menggunakannya lebih mudah dan sederhana.

Cara Membuat Blog di Blogger

Untuk dapat membuat blog di blogger.com, Anda harus daftar terlebih dahulu untuk memiliki akun email dari google. Bagi yang belum mempunyainya, lihat artikel mengenai bagaimana cara membuat email. Jika sudah memilikinya, langsung saja ikuti tutorial cara membuat blog di blogger berikut
  1. Langkah pertama, kunjungi www.blogger.com.
  2. Kemudian log in dengan memasukkan alamat email Gmail Anda dan kata sandinya.

    Log In Blogger

  3. Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi apakah akan menggunakan profil google+ atau blogger. Pada langkah ini langsung saja klik tombol Lanjutkan ke Blogger.

    Konfirmasi Profil

  4. Setelah itu Anda akan dibawa ke dasbor blogger. Klik tombol Blog Baru untuk membuat blog.

    Cara Membuat Blog Baru

  5. Kemudian isi Judul (1) dan Alamat (2) blog. Untuk judul blog ketik sesuai keinginan. Sedangkan untuk alamat blog Anda harus mencari nama blog blogspot yang belum dimiliki oleh siapapun. Jika nama yang Anda masukkan sudah ada yang memiliki maka akan muncul tulisan "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia." di bawahnya. Cari terus nama blog sampai muncul tulisan "Alamat blog ini tersedia." Alamat blog yang dibuat akan berakhiran .blogspot. Pada bagian Template (3) pilih salah satu template blog yang Anda sukai. Setelah itu klik tombol Buat blog! (4).

    Daftar Blog

  6. Sekarang blog Anda sudah jadi. Anda dapat langsung membuat tulisan atau membuka blog melalui tombol yang ada di sebelah kanan judul blog. Jika ingin melihat lebih lanjut pengaturan dan berbagai hal menyangkut blog yang telah dibuat, klik judul blog tersebut.

    Dasbor Blogspot

  7. Di sini Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti membuat tulisan. Selain itu, masih banyak yang dapat Anda lakukan terhadap blog tersebut dengan memilih menu yang ada di bagian kiri.

    Cara Membuat Blog Pribadi

Beberapa Hal Dasar yang Perlu Diketahui

Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh seorang blogger, di antaranya adalah cara mengganti template, membuat artikel atau tulisan, mengatur komentar, dan cara melihat statistik blog.

Cara Mengganti Template Blog

Apakah Anda sudah puas dengan tampilan blog. Jika belum, Anda dapat menggantinya dengan mudah. Berikut langkah-langkah mengganti template blog di blogger.
  1. Download terlebih dahulu template blogspot gratis. Kemudian ekstrak file tersebut.
  2. Pilih menu Template (1). Klik tombol Cadangkan / Pulihkan (2).

    Cara Mengganti Template Blog - View

  3. Klik tombol Choose File (1). Cari dan buka file template yang sudah didownload (*.xml). Kemudian klik tombol Unggah (2).

    Cara Mengganti Template Blog - Pilih File

  4. Sekarang template blog Anda sudah berubah. Untuk melihatnya buka blog dengan mengklik tombol Lihat blog.

    Cara Mengganti Template Blog - Lihat

Cara Membuat Artikel

Lalu bagaimana cara menulis di blog? Caranya juga sangat mudah. Langsung saja simak.
  1. Klik tombol Entri baru.

    Cara Membuat Artikel - Entri Baru

  2. Ketik judul tulisan (1). Buat isi tulisan (2). Klik Label (3) dan isi dengan tema/topik dari tulisan (jika lebih dari satu, pisahkan dengan tanda koma). Kemudian klik tombol Publikasikan (4) untuk menerbitkan tulisan.

    Cara Membuat Artikel - Post Editor

Mengatur Komentar

Salah satu cara untuk berinteraksi di blog adalah dengan memberi komentar pada tulisan. Melalui kolom komentar Anda bisa melakukan tanya-jawab dengan pembaca. Anda juga bisa melihat dan mengatur seluruh komentar pada blog.

Setting Komentar

Bagaimana cara menentukan siapa saja orang yang boleh berkomentar di blog? Pada pengatuan default yang boleh berkomentar adalah "Pengguna Terdaftar". Untuk memperbolehkannya bagi siapa saja ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Klik menu Setelan (1) › Pos dan komentar (2). Pilih "Semua Orang" (3). Kemudian klik tombol Simpan setelan (4).

    Setting Komentar - Komentator

  2. Akan ada penambahan "Name/URL" dan "Anonymous" pada kotak komentar seperti pada gambar berikut.

    Setting Komentar - Kotak

Melihat dan Menghapus Komentar di Blog

Lalu bagaimana cara melihat semua komentar di blog? Anda bisa melihat komentar-komentar di blog dengan mudah dan juga bisa menghapus komentar tertentu jika Anda tidak menginginkannya.

Caranya, klik menu Komentar (1). Pilih komentar yang ingin dihapus (2). Kemudian klik tombol Hapus (3).

Cara Menghapus Komentar Blog - Pilih

Cara Melihat Statistik Blog

Cara untuk melihat perkembangan blog, yaitu melihat peningkatan pengunjung adalah dengan melihat statistik yang disediakan blogger (pilih menu Statistik). Dengan statistik ini Anda bisa melihat jumlah penayangan blog, halaman yang dibaca, dari mana datangnya pengunjung, dan jumlah penayangan berdasarkan data pengunjung (seperti negara, browser, dan sistem operasi). Selain itu statistik blog dapat dilihat berdasarkan durasi jam, hari, minggu, bulan, dan sejak pertama blog dibuat.

Cara Melihat Statistik Blog - Overview

Cara Keluar dari Akun Blog

Apabila Anda ingin keluar dari akun blogger, terutama bagi yang memakai komputer atau laptop bukan milik sendiri, klik gambar profil (1) yang ada di sudut kanan atas halaman. Kemudian klik tombol Keluar (2).

Cara Keluar (Log out) Akun Blogger


Jika Anda ingin membuat blog baru lagi, log in ke www.blogger.com dan ikuti langkah no. 4 dan 5 pada cara membuat blog di atas.

Demikianlah artikel cara membuat blog gratis di blogspot. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mempunyai blog.

100 comments

Thank's infonya gan..
Udah lama ga buka blogspot rada bingung juga sekarang

balas

Informasi yang sangat bermanfaat.
Salam kenal dari http://jualjamunik.com

balas
This comment has been removed by the author.

Mas, bagusan mana kalo buat blog sendiri pake wordpress, ato hostingan sendiri? soalnya saya ditawarin temen pake hosting sendiri nih. mohon sarannya ya

balas

memang saat ini Google sudah sangat lengkap, dan sdh sangat nyaman utk blogger dan blogwalking, profile di pengarang jg bisa di edit dan lsg ke akun google+ kita.. terimakasih sharing dan info nya mastah, cmiiw

balas
This comment has been removed by the author.

sekarang kalo nggak bisa ngeblog rugi. ni panduanya udah di share sama gan rivai

balas

bagus sekali infonya saya mau coba yang read more

balas

info yang sangat menarik sekali saya mau coba untuk membuat blog saya menjadi lebih menarik

balas

info yang sangat bagus dan gambar yang sangat jelas

balas

info yang sangat bagus sekali saya sudah coba hasilnya tokcerrrrrrrrr

balas

sangat jelas untuk dijadikan contoh sekalian praktek backlink. terima kasih untuk tutorial lengkapnya.

balas

Saya baru punya 1 blog WP (http://alamwisata.com). Mau coba bikin blog pake blogspot. Tks infonya gan..

balas

Oh gitu ya cara buat blog, makasih ya bermanfaat banget nih...

balas

Mantaff banget gan informasinya, makasih banyak ya??

balas

sebenarnya beli domain dan hosting saja sudah lumayan murah banget sekarang Mas Rivai,,dan kalau diseriusi ngeblog, trafik bisa meningkat,,,apalagi kalau kualitas isinya berkelas,,,pasti deh gampang banget nyari duit dari blog itu,,yaitu dengan pasang iklan,,tawarin saja ke UKM2 untuk pasang iklan bulanan dgn biaya murah,,

pasti deh bisa dapat lumayan

masalahnya adalah konsistensi kita,,hihihi

balas

Untuk artikelnya, dapat ilmu baru. Ternya praktis dan cukup mudah caranya.

balas

Sangat terbantu dengan artikel anda yang sangat mendetail,ini bisa menjadi refernsi semua blogger,terima kasih

balas

Tadanya saya berfikir membuat blog itu susah,namun dengan adaya artikel ini saya jadi senang dan bisa bekerja

balas

Tips untuk pemula, mantap :)

balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Thank's udah di share ilmunya moga bermanfaat ya

balas

thank ilmunya gan..sip

balas

Menarik untuk disimak gan artikelnya,terimakasih banyak atas infonya

balas

mantap infonya gan, ngebantu banget buat orang yang mau belajar buat blog :d

balas

bagusan mana sih gan blogger sama wp ??

balas

Salah satu CMS yang paling saya suka.:)

balas

biasanya sih kalo bikin blog malah bikin artikelya yang rada susah. apalagi sekarang sudah banyak saingan yang sudah paham seo

balas

keren bro..
sangat bermanfaat untuk newbie kyk g ,,
thx atas shere nya ya bro

balas

oke gan, infonya mantap
tapi suka pusing cari template yang bagus dan simple :-(

balas

Woowwww....mantappp sekali mas cara membuat blog nya. ijin di catat.

balas

Berkat membaca artikel ini saya bisa membuat blog dan dapat berbagi informasi yang banyak. terima kasih.

balas

thanks infonya.. saya juga mempunyai beberpa blogspot..namun trafficnya rendah..beberapa tips di dalam blog ini sangat membantu..akan di coba segera.

balas

saya belum pernah pakai blogspot, mau coba dulu
thanx gan ilmunya

balas

membuat blog yang bagus memang harus dilatih

balas

Di bahas dari mulai daftar sampai non-aktif akun :D salut

balas

artikelnya sangat menarik dan nggak ngebosenin saat di baca, makasih yah. ditunggu juga nih kunjungannya di blog aku.
OBAT ALZHEIMER PALING AMAN
Salam blogger Indonesia !!!

balas

terima kasih gan tutorial nya bermanfaat sekali semoga sukses

balas

gratisan juga bisa bersaing

balas

Saya pertama kali membuat blog tahun 2009, awalnya itu susah banget, tapi semakin lama belajar otodidak jadi mengerti sendiri :)

balas

cukup simple ya buat blog di blogger :D

balas

Mantap dan bermanfaat memang blog gratisan juga bisa menghasilkan uang

balas

apakah 1 email google bisa membuat lebih dari 1 blog? dan apakah blogspot mudah untuk pengajuan adsense?
terimakasih info sebelumnya, tapi memang saat ini sudah menjadi ccTLD dengan blogspot.co.id dah keren google jadi rajanya terpercaya

balas

memang saat ini Google sudah sangat lengkap, dan sdh sangat nyaman utk blogger dan blogwalking, profile di pengarang jg bisa di edit dan lsg ke akun google+ kita.. terimakasih sharing dan info nya mastah, cmiiw

kunjungi juga blog https://sofyanstriping.wordpress.com

balas

sip gan infonya mulai sekarang bisa sendiri nih bikin blog

balas

Thanks banget beritanya....semoga makin sukses :d

balas

keren banget infonya. Terima kasih ya..

Buat ayah atau bunda yang mau anaknya berkrteasi juga bisa ikutan lomba mewarnai online bareng Staedtler loh..
kunjungi: http://xceria.blogspot.com/

balas

makasih gan untuk tutorial pembuatan blogspotnya..semoga bermanfaat

balas

wah sangat jelas nih, bagi pemula ini sangat bagus
www.waylifehealthy.com

balas

Lengkap dan detail sekali penjelasannya bahkan sampai disertai gambar sehingga memudahkan orang2 yang baru belajar membuat blog. Sukses selalu.

balas

terimakasih mas ilmu nya, semakin banyak ilmu yang saya dapat tetapi blum action. he
way healthy living
latest technology

balas

bikin blog nya bener2 gampang..
dan mudah dipraktekkan ..
mntb gan.. :D

balas

terima kasih gan untuk tutorialnya , sealama ini ane pake Wordpress :D

balas

Sangat membantu mas bagii saya yang newbie.Kepengen punya blog yang gratisan dulu

balas

mantap gan artikelnya membantu ane yang baru buat blog. mampir juga ya gan ke blog ane http://angkasabali.blogspot.com/

balas

luar biasa tutorialnya sangat me,mbantu sekali

balas

wah jelas banget nih artikel., thanks
http://abouthealth-tips.blogspot.co.id/

balas

Tips yang bagus gan, ditunggu tips membuat blog dari wordpress dan mywapblog. :)

balas

memang mudah caranya dan tidak trlalu report :)

Nitip http://www.tito-techno.com/ || http://atsoftgame.blogspot.com/

balas

Saya belajar membuat blog Dari blog ini terimakasih Sudah posting biat artikel cara membuat blog dengan lengkap Dan jelas mudah mudahan tetap sukses

balas

Mudah ya mas langkahnya saya rasa untuk pemula juga tidak terlalu sulit

balas

makasih gan untuk tutorial cara buat blog dari blogger semoga bermanfaat

balas

wahh... pastinya sangat membantu untuk para pemula.. bagus artikel nya :)


http://forexsimpro.com

balas

gan kalau blogger baru kita masih harus daftar di webmaster atau sudah otomatis yah? mohon pencerahan suhu

balas

tutorial pembuatan blog gratis yang sangat lengkap dan jelas sekali,,,thanks atas infonya gan sangat bermanfaat sekali !!!

balas

saya mamsih pemula gan mohon bimbinganya, baru pertama nge blog dan menggunakan blogspot, jadi langkah apasaja biar cepet ke index nie, makasi sob

balas

Aku baru seminngu rasanya mengenal yang namanya blogger... jadi artikel ini sangat bermanfaat bagi akau... tahanks udah share ilmunya....

balas

super artikel , nice bro , ini sangat bermanfaat buat pemula dan yang masih bingung dengan blogger

balas

Keren banget nih tutorial buat blognya nice info ya gan...

balas

Tutorialnya jelas banget buat yang baru mau bikin blog. Keep posting :)

balas

Makasih banyak gan tutorialnya, sayang banget jika sampai terlewatkan...

balas

terima kasih sharingnya, mau tanya gan… apa kelebihan blogspot dibandingkan dengan wordpress,.. Apa karena produk dari google jadi lebih mudah terindex.. mampir
www.motroad.com

balas

Makasih bro.. Blogspot memang mantap... user friendly dan lebih mudah digunakan... mampir bro.. www.propersleep.blogspot.com

balas

Terima kasih sekali super lengkap banget postingnya berisi tutorial membuat blog gratis.

balas

maksih gan atas artikelnya, semoga bermanfaat, saya baru belajar jd masih belajar dikit2,
hehe

balas

terimakasih gan,,, sangat mantab, saya masih baru belajar, jd sangat bagus.

balas

makasih gan artikelnya sangat membantu saya,,, semoga bermanfaat.

balas

wah infonya jooooos markotop jadi sekarang bisa ngiklan gratis nih gan

balas

Terima Kasih untuk informasi nya, sangat membantu sekali.. Terus Update dan sukses
www.animebaru.net

balas

thanks infonya gan :)

balas

Terima kasih Informasi tentang membuat blog gratis,,

balas

Sangat membantu gan tutorialnya, semoga makin lancar nge-blog nya

By Team kesehatan

balas

Wah, saya jadi ingat awal-awal berbisnis, dimana saya membuat blog cupu-cupuan. Bodohnya saya tidak kepikiran untuk belajar dari google. Akhirnya bisnis saya seadanya saja. Dan ada tawaran dari sepupu saya untuk membuat website dan SEO nya. Hingga akhirnya muncul-lah website Percetakan saya yaitu http://www.kreasilangit.com. Alhamdulillah luamayan bisa ningkatin omzet.

Tetap menebar ilmu ya gan. Agan-agan ini dapat mengurangi penganggiuran dan kemiskinan. Contohnya saya yang awalnya nganggur, jadi kebanjuran order dari ilmu-ilmu yang dibagikan lewat blog seperti ini. Sekali lagi terima kasih.

balas

Thanks info tutorial buat blognya...

balas

Keren banget gann !!! makasih infonya

balas

Terimakasih infonya, sangat membantu. Nunggu yg wordpress.

balas

Nice banget nie infonya, dari tadi nyari akhirnya nemu juga, detail lagi postingannya.. Makasih deh min. Ngmong-ngmong saya tunggu nie postingan terbarunya..

balas

Teruslah berbagi infomasi yang bagus seperti ini,Thanks..

balas

mantab infonya,, ini lg belajar main blog,,

balas

info yang sangat membantu patut di coba

balas

waduh
ane ma gan ngerti blog sedikit aja
setelah membaca artikel anda jadi menambah wawasan ane gan
izin share ya gan
terima kasih

balas

caranya lengkap, di bahas dengan detail... mantap dah

balas

kalau mau ganti domain nya gimana ya??

balas

Artikel bermanfaat memang blog gratisan juga bisa menghasilkan uang...


Broker Forex Terpercaya

balas

kalau buat nya selain blogger pakai apa ya?

balas

dari blogspot domain nya cuma blogspot.com aja

balas

kebetulan pengen bikin

balas
:) :( ;) :D =D :w :c :d -) -| :v =( ^: :o :C :-

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel. Dilarang berkomentar spam dan menulis iklan!

« »
 
Back to top