Xceria Blogger Indonesia

Belajar 3 Teknik Dasar SEO untuk Pemula

Teknik Dasar SEO
Hal yang paling dasar dalam optimasi search engine (SEO) sebuah website adalah keyword. Keyword dapat menentukan jumlah trafik blog atau web yang berasal dari search engine.

Keyword juga merupakan hal yang paling diperhatikan dalam menerapkan tips dasar SEO. Oleh karena itu, pemilihan keyword yang tepat penting dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Keyword merupakan kunci dalam SEO (Search Engine Optimization). Keyword yang Anda pilih akan sangat berperan dalam menentukan banyaknya trafik atau pengunjung yang berasal dari search engine, seperti google.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan terlebih dahulu sebuah riset dalam mencari keyword yang tepat.

Keyword yang dipilih sebaiknya merupakan kata kunci yang paling sering dicari di search engine.

Jika Anda salah memilih keyword, ini tentu akan mengakibatkan sepi pengunjung. Tapi, jika keyword yang dipilih sudah tepat, maka pengunjung yang berasal dari mesin pencari akan lebih banyak.

Sebuah artikel atau tulisan seharusnya mempunyai keyword yang bagus demi menunjang peringkatnya di mesin pencari.

Salah satu tips dalam memilihnya adalah dengan menggunakan keyword yang spesifik atau bisa disebut long tail keyword bukan justru menggunakan kata kunci pendek yang memiliki tingkat persaingan tinggi. Hal ini terutama digunakan bagi blog atau website yang masih baru.

Keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan long tail keyword adalah dapat mengurangi persaingan untuk suatu kata kunci pada pencarian di search engine.

Dengan demikian, peluang munculnya artikel di search engine akan menjadi semakin besar. Selain itu, pencari informasi di search engine biasanya juga menggunakan beberapa kata untuk melakukan pencarian.

Teknik Dasar SEO Untuk Pemula

Sebelumnya, daftarkan ke search engine terlebih dahulu website yang dimiliki, terutama google. Karena saat ini search engine google merupakan yang paling populer dibanding dengan mesin pencari lainnya.

Untuk pengguna blogger/blogspot tidak perlu mendaftarkan website ke google. Blogger akan otomatis mendaftarkan blog Anda pada search engine google jika Anda tidak merubah pengaturan defaultnya.

Bagi yang ingin belajar SEO gratis, terlebih dahulu kuasai teknik-teknik dasar SEO.

Di bawah ini, akan dijelaskan 3 tips dasar dalam belajar SEO bagi pemula yang perlu diketahui dalam melakukan optimasi mesin pencari, di antaranya:

1. Menentukan judul halaman (title tag) dengan tepat
2. Membuat deskripsi (meta description) yang efektif
3. Menggunakan keyword di dalam halaman

Di bawah ini akan dijelaskan lebih detail mengenai tiga hal di atas.

1. Menentukan judul halaman (title tag) dengan tepat

Judul halaman merupakan kalimat yang terdapat pada tag title dan terletak di antara tag head.

Judul ini akan digunakan sebagai judul dari tab suatu halaman yang dibuka di web browser. Selain itu, title tag ini juga akan dibaca oleh search engine sebagai judul web pada hasil pencariannya.

Berikut contoh kodenya.

<title>Judul Halaman</title>

Lihat selengkapnya mengenai penempatan title tag pada file HTML.

Title tag merupakan salah satu komponen terpenting dalam optimasi onpage. Karena tag ini akan menunjukkan pada mesin pencari apa topik yang sedang dibahas pada tulisan tersebut dan akan tampil pada baris pertama sebelum deskripsi.

Pembaca juga terlebih dahulu akan melihat judul artikel dibanding isinya untuk memilih website mana yang akan dibukanya pada hasil pencarian.

Oleh karena itu, jangan membuat judul suatu artikel dengan sembarangan.

Salah satu hal yang harus dilakukan adalah menambahkan keyword yang dipilih pada judul halaman. Selain itu untuk hasil yang optimal, tempatkan keyword pada awal judul halaman tersebut. Karena semakin di depan kata kunci diletakkan maka akan semakin baik.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah meletakkan merek atau judul homepage pada awal judul artikel.

Jika Anda adalah pengguna blogspot dan menggunakan template default, merek akan dibuat di awal judul setiap artikel. Di dalam tips SEO, ini sangatlah tidak dianjurkan. Maka untuk hasil yang lebih baik letakkan merek tersebut di bagian akhir pada judul.

Tips menentukan judul halaman

Untuk dapat membuat judul artikel yang bagus di mata pembaca dan juga mesin pencari, Anda harus tahu tipsnya. Berikut tips yang perlu diketahui dalam membuat sebuah judul artikel.
Buat judul sesuai dengan isi artikel
Judul sebaiknya dibuat menggambarkan isi tulisan dari suatu halaman.

Berdasarkan SEO starter guide yang dibuat oleh google, dikatakan untuk menghindari membuat judul yang tidak memiliki keterkaitan dengan konten/isi halaman. Selain itu, hindari juga membuat judul default atau tidak jelas seperti "Untitled", "New Page 1".
Buat judul artikel yang memancing
Jika halaman Anda masuk dalam top ten pencarian google dengan kata kunci tertentu maka kemungkinan halaman tersebut akan dibanjiri oleh pengunjung, apalagi jika menempati urutan pertama.

Tetapi, akan lebih baik lagi jika judul artikel yang dibuat bersifat memancing. Mungkin pengunjung akan lebih memilih artikel dengan judul seperti ini dan kemungkinan untuk diklik akan lebih besar.

Bahkan mungkin saja artikel Anda akan lebih banyak diklik daripada artikel di urutan yang lebih tinggi tapi memiliki judul yang biasa-biasa saja.

2. Membuat deskripsi (meta description) yang efektif

Deskripsi adalah beberapa kalimat yang merupakan cuplikan dari suatu tulisan.

Deskripsi penting untuk ditambahkan ke setiap halaman karena mungkin google akan menggunakannya sebagai snippet atau cuplikan di dalam hasil pencarian. Walaupun google bisa saja membuat snippet sendiri untuk menunjukkan kalimat-kalimat yang relevan.

Sama seperti judul, tambahkan juga kata kunci pada bagian awal deskripsi. Lalu bagaimana cara menambahkan deskripsi? Deskripsi dibuat dengan menggunakan meta tag deskripsi pada template. Kode meta tag ini akan terlihat seperti berikut.

<meta name="description" content="deskripsi halaman"/>

Google juga bisa saja menggunakan deskripsi yang berasal dari Open Directory Project (ODP) jika website Anda terdaftar di sana. Anda bisa membacanya di artikel dari google mengenai snippet.

Gunakan meta tag berikut untuk mencegah semua search engine menggunakan data dari ODP sebagai deskripsi halaman.

<meta name="robots" content="NOODP">

Jika hanya ingin mencegah google untuk menggunakan deskripsi dari ODP, gunakan meta tag berikut.

<meta name="googlebot" content="NOODP">

Menurut google melalui Webmaster Central Blog, meta descriptions tidak berpengaruh pada posisi website di mesin pencari, tapi dapat meningkatkan clickthrough.

Namun begitu, secara tidak langsung meta description juga akan mempengaruhi rangking di search engine. Karena clickthrough memiliki dampak pada halaman hasil pencarian search engine (SERP).

Tips membuat deskripsi artikel

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips dasar SEO dalam membuat deskripsi suatu artikel.
Deskripsi dibuat sesuai dengan isi artikel
Sama dengan cara membuat judul, deskripsi juga harus dibuat sesuai dengan artikel. Buatlah deskripsi yang tepat untuk menggambarkan isi tulisan. Jangan membuat deskripsi yang tidak mempunyai hubungan dengan konten.
Tidak hanya berisi keyword
Di dalam membuat deskripsi, jangan hanya memasukkan keyword ke dalamnya. Karena tidak hanya search engine, deskripsi ini juga akan dibaca oleh pencari informasi. Maka untuk kenyamanan pembacanya buatlah deskripsi yang berkualitas, bukan sepenuhnya hanya diisi dengan kata kunci.
Buat deskripsi yang memancing
Deskripsi juga sebaiknya dibuat memancing pengunjung untuk mengkliknya. Karena selain judul, deskripsi mungkin juga akan dilihat oleh pembaca sebagai pertimbangan untuk menentukan website yang akan dibukanya.

Buat title tag dan meta description yang unik atau berbeda di setiap artikel.

3. Menggunakan keyword di dalam halaman

Selain digunakan di dalam judul dan deskripsi, keyword juga digunakan di dalam isi halaman.

Anda bisa mengulang keyword beberapa kali untuk menandakan kata kunci suatu artikel. Dengan catatan, pengulangan kata kunci tidak dilakukan secara berlebihan. Lakukanlah pengulangan dengan kalimat yang logis. Jangan sembarangan menambahkan keyword jika memang itu tidak diperlukan pada kalimat.

Lalu, bagaimana dengan keyword density?

Keyword density atau kepadatan kata kunci pada suatu halaman memang dulunya berpengaruh terhadap SEO. Tapi kini kepadatan keyword sudah tidak lagi mempunyai peran pada Search Engine Optimization. Yang terpenting, tambahkan keyword secara natural.

Pengulangan keyword lebih baik dengan menggunakan variasi kata, yaitu kata kunci yang lebih spesifik, daripada hanya mengulang kata kunci yang sama persis. Dengan memiliki banyak variasi kata kunci maka peluang artikel muncul di mesin pencari akan semakin besar.

Salah satu teknik dasar SEO yang cukup penting adalah mengenai di mana saja keyword diletakkan. Lalu bagaimana cara meletakkan keyword yang baik untuk optimasi? Ada beberapa tempat yang perlu diberi perhatian untuk meletakkan kata kunci di dalamnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Tag Heading (H1, H2, H3, ....)

Tag heading ini digunakan untuk membuat suatu halaman menjadi terstruktur dengan menggunakan judul utama dan sub-sub judul.

Tag heading harus dibuat secara berurutan, tidak sembarangan. Artinya tidak ada tag heading yang melompat ke heading yang tidak semestinya.

Selain itu tambahkan kata kunci pada tag ini. Google akan lebih suka dengan halaman website yang seperti ini.

URL

URL sebaiknya dibuat tidak terlalu panjang. URL yang lebih singkat akan lebih bagus. Gunakan juga keyword dalam membuat URL.

Link

Tambahkan kata kunci pada anchor text dari link. Hindari membuat teks link dengan kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan halaman yang dituju, misalnya "klik di sini".

Link yang ditambahkan bisa berupa link internal maupun link eksternal. Kedua jenis link tersebut jika digunakan secara benar juga dapat membantu ranking website di mesin pencari.

Alt Tag

Alt tag akan terlihat oleh pembaca sebagai teks pada gambar jika web browser tidak mampu membukanya. Untuk itu buat teks pada alt tag yang dapat mendeskripsikan gambar tersebut.

Tag ini juga akan membantu search engine menemukan gambar di suatu website dengan kata kunci tertentu pada pencarian gambar.

Sebaiknya gunakan keyword secara efektif di dalam paragraf tanpa melakukannya dengan berlebih.

Itulah tips dasar SEO yang perlu diketahui dalam melakukan optimasi mesin pencari. Ketiga tips dasar di atas merupakan tips SEO onpage.

Semoga tips tersebut dapat membantu Anda dalam belajar SEO secara gratis.

7 comments

nice posting. . seo memang perlu untuk menaikan rank kita di google :)

balas

info baik buat pemula

balas

Wah teknik dasarnya aja susah gimana teknik masternya susah banget neh SEO

balas

awal teknik yg perlu di ketahui

balas

mau yang lebih lagi untuk mediumnya :v

balas

SEO memang sangat dibutuhkan untuk menaikkan posisi web di search engine.

balas

tips jitu untuk pemula

balas
:) :( ;) :D =D :w :c :d -) -| :v =( ^: :o :C :-

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel. Dilarang berkomentar spam dan menulis iklan!

« »
 
Back to top