Xceria Blogger Indonesia

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Cepat

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
Setiap blogger pasti ingin blognya ramai dikunjungi orang.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan trafik blog yang banyak. Baik itu gratis maupun berbayar.

Beberapa pemilik web ataupun blogger demi mendapatkan trafik/pengunjung dalam jumlah besar, rela menghabiskan waktunya untuk blogwalking.

Hal ini terkadang terasa menjenuhkan dan Anda harus memiliki semangat yang kuat untuk bisa melakukannya dengan rutin.

Akan tetapi ada juga cara-cara lain yang bisa dilakukan selain dengan cara blogwalking.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Bagaimana cara meningkatkan traffic atau pengunjung blog dengan cepat? Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pengunjung website atau blog.

Berikut 5 tips yang bisa Anda gunakan.

1. Buat Artikel yang Berkualitas

Tips pertama yang dapat dilakukan guna memperoleh trafik dalam jumlah besar adalah dengan membuat artikel yang berkualitas.

Artinya, artikel dibuat sendiri (bukan copy paste), dan sebisa mungkin buat tulisan yang dibutuhkan oleh orang banyak dan dapat membantu serta bermanfaat. Selain itu sebaiknya buat artikel yang kontennya cukup panjang.

Lalu, bagaimana cara membuat artikel yang banyak dicari orang?

Caranya bisa dengan melihat beberapa blog yang sesuai dengan niche blog Anda. Kemudian, lihat pada widget popular postnya jika ada. Jika tidak ada, Anda juga bisa melihat artikel-artikelnya dan cari yang memiliki banyak komentar di dalamnya.

Jika sudah menemukannya, buatlah artikel pada blog Anda dengan topik yang serupa.

Cara lain bisa dengan bantuan google trend. Di sana Anda dapat melihat berita-berita hangat yang banyak dicari orang pada tanggal tertentu sesuai dengan bahasa yang dipilih.

Untuk hasil yang lebih baik, buatlah artikel dalam jumlah besar dan update terus blog Anda secara rutin.

Dengan berisi artikel-artikel yang berkualitas, pengunjung akan berpikir untuk kembali lagi mengunjungi blog atau website Anda di lain waktu.

Apakah ini sudah cukup? Tentu tidak. Jika sudah memiliki banyak artikel berkualitas tapi setelah itu tidak melakukan apa-apa maka blog tersebut masih akan sepi pengunjung.

Nah, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan bisa dilihat pada tips-tips berikutnya.

2. Terapkan Teknik SEO dengan Benar

Salah satu cara yang paling baik untuk meningkatkan trafik web adalah dengan menjalankan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang benar.

Banyak teknik SEO yang bisa dipelajari dan diterapkan ke blog Anda. Akan tetapi yang tak kalah pentingnya adalah artikel yang berkualitas seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama di atas.

Ikuti juga secara berkala update tips-tips SEO terbaru agar bisa terus melakukan optimasi dengan benar. Google misalnya, sudah beberapa kali mengganti algoritma search enginenya untuk memaksimalkan hasil pencariannya.

Jika berhasil mengoptimalkan SEO web dengan baik maka peluang berada di top 10 search engine akan semakin besar. Dengan begitu, pengunjung juga akan semakin bertambah membanjiri halaman-halaman web Anda.

Tapi ingat, Anda harus rajin update blog dengan cara membuat tulisan secara rutin. Karena dengan jumlah tulisan yang sedikit tentu pengunjung dari mesin pencari juga akan sedikit. Sebaliknya, jika tulisan semakin banyak dibuat maka pengunjungpun akan semakin bertambah.

3. Share Artikel ke Situs Jejaring Sosial

Selain dengan melakukan optimasi mesin pencari, cara lain untuk mencari pengunjung adalah dengan membagikan (share) tulisan ke situs media sosial, seperti facebook, twitter, google+, dan masih banyak lagi.


Artikel dapat dibagikan tidak hanya oleh Anda, tapi juga oleh para pembaca dengan catatan memiliki akun jejaring sosial. Untuk memudahkannya, pasang tombol share pada setiap artikel.

Semakin banyak yang membagikan artikel Anda melaui tombol share tersebut maka semakin besar pula trafik yang bisa didapatkan dari situs media sosial yang bersangkutan.

Untuk lebih memaksimalkan pengunjung dari social media buat akun atau halaman khusus untuk blog Anda. Di halaman tersebut Anda bisa membentuk komunitas dengan menayangkan urlnya ke blog Anda.

Jika komunitas atau jumlah pengikutnya semakin besar, kemudian Anda membagikan artikel ke halaman tersebut maka kesempatan Anda untuk mendapatkan pengunjung dari jejaring sosial juga semakin besar.

4. Memasang Iklan

Cara ini juga banyak dilakukan orang karena cukup instan dalam menadapatkan pengunjung.

Hanya saja untuk memasang iklan Anda harus membayar kepada pemilik web. Jika ingin memasang iklan di lebih banyak situs maka anggaran yang harus dikeluarkan juga akan semakin banyak.

Walaupun sebenarnya juga ada tempat memasang iklan yang gratis, seperti situs iklan baris. Namun, pengunjung yang didapat tentu tidak seoptimal iklan berbayar.

Jika ingin memasang iklan berbayar, perhatikan jumlah trafik web di mana iklan tersebut akan dipasang. Semakin besar traffic atau pengunjungnya maka semakin banyak juga pengunjung yang bisa didapatkan melalui web tersebut.

Selain dengan cara memesan kepada pemilik web, Anda juga bisa memesan iklan kepada situs Pay Per Click (PPC). Metode pembayarannya dilakukan berdasarkan jumlah klik pada iklan tersebut.

Pengguna yang mendaftar di situs PPC terdiri dari dua jenis yaitu advertiser (pemasang iklan) dan publisher (penayang iklan).

Di situs ini Anda harus mendaftar sebagai advertiser untuk dapat memasang iklan. Sedangkan publisher merupakan pemilik blog atau website yang akan menayangkan iklan yang telah dipesan ke situs PPC pada website yang mereka miliki.

Jadi di sini iklan Anda akan tampil di banyak website.

Situs PPC yang banyak digunakan saat ini untuk memasang iklan adalah salah satu layanan dari google yaitu Google AdWords. Jika memesan di google adwords iklan Anda nantinya tidak hanya akan tampil di website publisher tapi juga di halaman pencarian google jika sesuai dengan kata kunci yang sedang dicari.

5. Blogwalking

Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog-blog orang lain, kemudian meninggalkan jejak atau komentar. Dengan blogwalking biasanya Anda akan cepat merasakan dampaknya. Akan tetapi, cara ini memiliki kekurangan, yaitu sifatnya yang sementara.

Blogwalking termasuk cara yang baik dalam awal mencari trafik blog. Karena selain bisa mendapatkan pengunjung dengan cepat, Anda juga akan menunjukkan interaksi dengan blogger lain. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan kenalan sesama blogger terutama jika blog yang dikunjungi memiliki topik yang sama dengan blog Anda.

Cara ini berbanding lurus dengan rajin atau tidaknya Anda melakukannya. Artinya, jika Anda ingin mendapatkan pengunjung dalam jumlah besar dengan cara blogwalking, Anda juga harus rajin melakukannya.

Saat blogwalking tinggalkan url blog di mana Anda melakukannya.

Jika Anda berkomentar sebaiknya tidak melakukannya sembarangan tapi sesuai dengan isi artikel yang Anda baca.

Itulah 5 tips yang bisa Anda gunakan untuk dapat meningkatkan pengunjung blog atau website. Untuk dapat menerima hasil yang maksimal lakukan cara-cara di atas dengan konsisten. Sekian dulu tulisan kali ini. Semoga berguna.

1 comments:

info yg sangat menarik & bermanfaat untuk menaikkan trafik..

balas
:) :( ;) :D =D :w :c :d -) -| :v =( ^: :o :C :-

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel. Dilarang berkomentar spam dan menulis iklan!

« »
 
Back to top