Xceria Blogger Indonesia

Tentang Keyword - Elemen Utama dan Mendasar dari SEO

Keyword SEO
Segala pencarian di search engine berawal dari keyword yang diketik pada kotak pencarian yang sudah disediakan pada halaman mesin pencari.

Pencari informasi memasukkan satu, dua, tiga kata atau lebih ke dalam kotak pencarian, kemudian mesin pencari akan menganalisa berbagai website yang ada pada databasenya dan menampilkan website yang mempunyai relevansi dengan kata kunci yang dicari tersebut.

Keyword merupakan salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam usaha Anda untuk melakukan optimasi mesin pencari.

Jadi, jangan menganggap enteng masalah keyword ini. Ini akan sangat berpengaruh terhadap trafik website. Walaupun trafik sebenarnya berasal dari banyak sumber, tidak hanya dari mesin pencari.

Dengan pemilihan kata kunci yang tepat maka search engine sebagai salah satu sumber trafik website akan memberikan lebih banyak pengunjung bagi blog atau website Anda.

Untuk itu, Anda harus mengerti dan memahami segala sesuatu mengenai keyword atau kata kunci di dalam SEO.

Apa Itu Keyword?

Dilihat dari segi halaman, pengertian keyword atau kata kunci adalah kata yang merupakan inti dari apa yang dibahas di halaman tersebut.

Biasanya kata kunci pada suatu halaman akan lebih sering diulang-ulang daripada kata lainnya.

Sedangkan dari sudut pandang mesin pencari, keyword merupakan kata yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang terdapat di dalam database mesin pencari tersebut.

Keyword itu sendiri bisa terdiri dari satu kata, dan juga bisa terdiri dari beberapa kata.

Pada umumnya orang melakukan pencarian di google dengan kata kunci yang spesifik, yaitu dengan memasukkan beberapa kata untuk mendapatkan hasil yang tepat sesuai dengan apa yang dicari.

Setelah itu, google akan menampilkan halaman dari indeks mereka yang memiliki relevansi terhadap kata kunci yang sedang dicari.

Dimana Saja Keyword Sebaiknya Diletakkan

Ada beberapa tempat di website yang sebaiknya Anda letakkan keyword ke dalamnya.

1. Title Tag
Ini merupakan bagian yang paling penting dalam meletakkan kata kunci yang Anda target untuk suatu halaman website. Karena pada search engine, title tag akan ditampilkan di baris pertama sehingga tag ini akan menjadi yang pertama dilihat oleh pencari informasi sebelum melihat deskripsinya. Sebaiknya letakkan kata kunci yang Anda gunakan di bagian depan title tag.

2. Meta Description
Meta description akan dilihat oleh pencari setelah judul yang ada di atasnya. Jadi masukkan juga kata kunci ke dalamnya. Meta deskripsi sebenarnya tidak berpengaruh ke dalam ranking google. Akan tetapi, meta tag ini secara tidak langsung juga akan memiliki pengaruh dalam meningkatkan peringkat Anda di google.

3. URL Halaman
Sebelum menerbitkan tulisan, pastikan Anda menambahkan kata kunci ke dalam URL. Pada platform seperti blogger, wordpress dan juga lainnya, URL halaman akan dibuat secara otomatis berdasarkan judul halaman yang Anda buat. Ada baiknya Anda sedikit mengeditnya menjadi lebih singkat tapi tetap mengandung kata kunci di dalamnya.

4. Heading Tag
Heading tag yang dimaksud adalah tag H1 - H6. Tambahkan kata kunci ke dalam tag-tag tersebut. Untuk judul halaman sebaiknya menggunakan tag H1. Sedangkan tag H2 dan seterusnya bisa Anda gunakan pada subjudul dari halaman tersebut.

5. Paragraf
Tempat selanjutnya yang juga penting untuk ditambahkan kata kunci ke dalamnya adalah paragraf. Tambahkan kata kunci utama Anda pada paragraf pertama yang ditulis. Kemudian Anda bisa mengulanginya di paragraf-paragraf berikutnya. Dan sebaiknya Anda tidak mengulang kata kunci yang sama persis, tapi bisa dengan menggunakan LSI keyword.

6. Nama File Gambar
Jika Anda ingin memasang gambar ke dalam tulisan yang dibuat, sebaiknya nama file gambar yang akan Anda tambahkan tersebut mengandung kata kunci. Ini berguna untuk menambah relevansi suatu kata kunci ke dalam halaman website Anda.

7. Alt Tag
Satu lagi yang cukup penting dalam menambahkan gambar, Anda sebaiknya menambahkan atribut alt ke dalamnya. Tag tersebut akan tampil ketika web browser tidak mampu merender atau membuka suatu gambar sehingga pembacanya tetap bisa mengenali gambar tersebut. Jangan lupa masukkan juga keyword halaman ke dalam alt tag pada gambar tersebut.

8. Internal Link
Internal link merupakan link di dalam suatu halaman yang menuju ke halaman lain dalam website yang sama. Link jenis ini sebaiknya Anda buat di setiap halaman untuk menunjung SEO dari website tersebut. Dalam membuatnya gunakan kata kunci ke dalam link tersebut untuk menambah relevansi ke halaman yang dituju.

9. Navigation Link
Link ini berguna untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi suatu blog atau website. Biasanya letaknya di bagian atas. Dan ada juga yang meletakkannya di bagian sidebar. Pada setiap link navigasi tambahkan juga ke dalamnya kata kunci dari link yang bersangkutan.

Seberapa Sering Sebaiknya Menggunakan Keyword di Halaman

Keyword di dalam halaman dapat diulang-ulang asalkan tidak berlebihan.

Dalam SEO dikenal namanya keyword density, yaitu kepadatan kata kunci dari suatu halaman yang dilihat berdasarkan persentasenya.

Dulu ini perlu diperhatikan agar kepadatan kata kuncinya tidak terlalu besar. Akan tetapi sekarang ini sudah tidak perlu diperhatikan lagi.

Anda tidak perlu lagi memusingkan persentase keyword di setiap tulisan yang dibuat. Yang paling penting gunakan keyword secara natural pada tulisan Anda.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan LSI keyword ke dalam tulisan.

LSI keyword merupakan variasi kata kunci. Misalnya dengan menggunakan sinonim atau menambah kata lain ke dalamnya.

Bagaimana Cara Menemukan Keyword yang Tepat

Untuk dapat mengetahui keyword atau kata kunci dengan benar yang akan digunakan pada suatu halaman, Anda dapat melakukan riset kata kunci (keyword research).

Riset keyword merupakan cara yang dilakukan untuk bisa menemukan keyword yang efektif untuk menjangkau pengunjung dari search engine.

Riset kata kunci bisa dilakukan dengan gratis maupun berbayar.

Salah satu layanan yang sering digunakan untuk melakukan riset keyword adalah Keyword Planner.

Lihat: Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Ini merupakan layanan dari google yang bisa digunakan secara gratis. Walaupun gratis, tapi layanannya saya rasa sudah lebih dari cukup.

Apa Saja yang Akan Anda dapat dari Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan bagian dari Google Adwords.

Tool ini digunakan untuk memudahkan pelanggannya yaitu pemasang iklan untuk bisa membuat iklannya sering tampil di mesin pencari.

Tujuan utamanya tentu agar iklannya banyak diklik. Yang artinya akan banyak pengunjung yang datang ke website pada iklan tersebut.

Akan tetapi yang bisa menggunakannya tidak hanya terbatas pada pemasang iklan. Semua yang memiliki akun google dapat menikmati layanan ini secara gratis dan mudah.

Keyword Planner digunakan untuk dapat mencari ide keyword yang sering dicari melalui search engine google.

Pada setiap ide kata kunci yang ditampilkan Anda dapat melihat jumlah pencarian per bulannya serta rata-ratanya.

Di situ juga akan terlihat apakah keyword tersebut memiliki persaingan yang tinggi atau rendah.

Sekian dulu tulisan kali ini yang membahas seputar keyword dalam SEO. Semoga bermanfaat untuk yang lagi belajar di dunia Search Engine Optimization.

:) :( ;) :D =D :w :c :d -) -| :v =( ^: :o :C :-

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel. Dilarang berkomentar spam dan menulis iklan!

« »
 
Back to top